Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar untuk Beasiswa

5 Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar untuk Beasiswa
Hai semuanya,
Apa kabarnya? Pasti semuanya baik, bukan? Apakah sahabat semua sedang mencari beasiswa? Jika benar, berarti sahabat semua berada pada tempat yang tepat.

Pada postingan kali ini, admin abookisagift.web.id akan memberikan sebuah tips cara membuat essay yang baik dan benar. Karena biasanya, esai ini akan menjadi salah satu persyaratan dalam mendapatkan beasiswa.

Seperti yang kita ketahui, esai merupakan tulisan singkat, sekitar 500 - 1000 kata, dimana di dalamnya dapat digunakan oleh para pemberi beasiswa untuk menilai karakteristik anda. Dengan seperti ini, maka pemberi beasiswa dapat mempertimbangkan apakah anda sudah tepat dari apa yang mereka inginkan.

Baca juga: info lomba terbaru

Essay ini juga sering disebut dengan letter of interest, personal statement, motivation letter, statement of purpose dan masih banyak lagi. Di dalam esai ini, sahabat semua dapat mendeskripsikan secara singkat mulai dari profil, minat hingga tujuan saat terpilih nanti. Dengan demikian, butuh strategi khusus dalam menulis dan menyusun esai ini.

Berikut, 5 cara membuat essay yang baik dan benar untuk beasiswa yang telah kami rangkum

Esai yang Menarik

Untuk meningkatkan peluang agar dipertimbangkan oleh pemberi beasiswa, maka esai yang ditulis haruslah menarik dan unik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara penulisan yang berbeda. Cantumkan sisi unik yang sahabat miliki dan tentunya harus relevan serta mempunyai nilai lebih bagi pemberi beasiswa.

Sahabat dapat bercerita mengenai latar belakang, ketertarikan sahabat terhadap beasiswa tersebut, hingga hal-hal apa saja yang sekiranya akan sahabat lakukan apabila menjadi salahs atu penerima beasiswa tersebut.

Buatlah dengan seujujur-jujurnya sesuai dengan keadaan dan kondisi. Hindari copy paste, karena hal ini dapat berdampak buruk bagi anda, yaitu langsung tereliminasi.

Cari Tahu Lebih Lanjut

Apa saja sekiranya yang dicari oleh pemberi beasiswa, maka penting bagi anda untuk mengetahuinya. Dengan cara ini, sahabat bisa mendapatkan gambaran dari kriteria apa saja yang diinginkan oleh pemberi beasiswa. Sehingga, hal tersebut akan membantu sahabat dalam menulis esai beasiswa.

Buat Target

Para pemberi beasiswa biasanya ingin mendapatkan informasi mengenai langkah dan tujuan nyata setelah sahabat mendapatkan beasiswa yang mereka berikan. Jadi, penting bagi sahabat untuk menuliskan serta menjelaskan tujuan dan sasaran yang akan sahabat tuju setelah terpilih menjadi penerima beasiswa. Deskripsikan juga visi, misi dan target sahabat secara jelas dalam esai tersebut.

Gunakan Teknik Penulisan yang Jelas dan Baik

Salah satu pertimbangan yang digunakan oleh para pemberi beasiswa adalah dari teknik penulisan esai yang baik dan benar. Meskipun isi esai yang sahabat tulis bagus, akan tetapi sahabat menulisnya dengan kaidah yang tidak baik dan benar, maka hasilnya akan kurang maksimal.

Gunakan bahasa yang lugas, jelas serta tidak berbelit-belit. Perlu sahabat ketahui, para pemberi beasiswa tidak hanya membaca dan mereview esai sahabat saja, akan tetapi banyak esai lainnya yang juga harus dibaca dan direview.

Oleh karena itu, penting bagi sahabat untuk dapat menguasai teknik penulisan sejak dini. Agar, di saat sahabat mengajukan beasiswa, sahabat tidak perlu repot lagi dalam menyusun kalimat yang baik dan benar.

Be Confident!

Percaya diri sangatlah penting bagi sahabat dalam menulis esai untuk beasiswa. Jangan lupa tulis dan susunlah isi esai sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan oleh pemberi beasiswa. Jangan sekali-kali sahabat melebih-lebihkan, serta tulislah dengan penuh percaya diri bahwa sahaba layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Jika sahabat menulis esai dengan melebih-lebihkan isinya, maka sahabat akan dinilai tidak jujur. Sehingga akan mengurangi penilaian pada esai yang sahabat tulis.

Baca juga: jadwal lomba 2022

Mungkin itu saja tips cara membuat essay yang baik dan benar untuk beasiswa yang dapat admin sampaikan. Selain poin-point di atas, jangan lupa juga untuk memerika kembali tanda baca, ejaan dan setiap kalimat yang ada. Jika dibutuhkan, sahabat bisa meminta tolong kepada teman, guru, dosen, senior atau siapa saja yang sahabat anggap memiliki kapasitas untuk memeriksa esai yang telah dibuat.

Selamat mencoba

Posting Komentar untuk "5 Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar untuk Beasiswa"